Friday, June 8, 2012

Shinji Kagawa. Bintang Muda Asia


Nama Shinji Kagawa sering terdengar belakangan ini seiring dengan kabar bahwa dirinya telah dikontrak oleh klub top Eropa Manchester United. Tapi siapakah dia sebenarnya? Berikut adalah ulasan singkat mengenai karir sepakbolanya.


Pemain yang baru berusia 23 tahun ini menjadi kunci raihan dua gelar juara Borussia Dortmund di Liga Jerman musim 2011/2012. Shinji Kagawa sendiri sudah berulang kali mengutarakan keinginannya untuk bermain di klub top di Liga Inggris, hingga ketika kontraknya hampir berakhir, dia memutuskan untuk menerima pinangan dari Manchester United, sesuatu yang diterima dengan lapang dada oleh pihak Dortmund.



Klub Jerman ini melihat potensi dari seorang Shinji Kagawa ketika dia bermain untuk Cerezo Osaka di negara asalnya Jepang, setelah dia menandatangani kontrak professional bahkan sebelum dia lulus dari sekolah. Di musim terakhirnya di Jerman, dia mencetak 27 gol dari 44 pertandingan sedangkan di Jepang dia mencetak 7 dari 11 pertandingan.

Kepindahan dia ke Eropa terjadi pada tahun 2010 dan itu terbukti tidak lama kemudian karena dia menjadi bintang di kubu Dortmund, menjadikan uang transfernya sebesar €350,000 menjadi sebuah keuntungan bagi pihak Dortmund.


Kagawa mengikuti turnamen Piala Dunia U-20 di tahun 2007 dan Olimpiade pada tahun 2008. Debutnya menjadi sukses pertama kali ketika bermain di Kirin Cup melawan Pantai Gading pada tahun 2008, walaupun dua tahun kemudian dia gagal membela negaranya di ajang Piala Dunia.


Pada tahun 2011, ketika mengikuti Asian Cup, Kagawa mengalami patah tulang metatarsal yang sempat menghalangi karirnya, namun 8 gol diciptakan oleh Kagawa ketika dia kembali bermain 18 kali di Liga Jerman pada musim 2010/2011. Dia pun masuk dalam daftar Tim Favorit Bundesliga musim itu juga.

Dengan cederanya Mario Gotze, Shinji Kagawa semakin bersinar sebagai bintang Borrusia Dortmund hingga akhirnya dia direktrut oleh Sir Alex Ferguson.





No comments:

Post a Comment